enterly.id

Entrepreneur Clinic

Bingung karena omzet menurun? Simak 5 tips berikut agar omzet bisa meroket!‚Äč

Pebisnis dituntut untuk selalu menjaga kinerja pertumbuhan bisnisnya. Salah satu parameter keberhasilan yang mudah diukur dari kinerja bisnis adalah peningkatan penjualan. Untuk itu perlunya strategi khusus yang harus disiapkan untuk menjaga omzet tetap meroket.

Share artikel ini melalui:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pebisnis dituntut untuk selalu menjaga kinerja pertumbuhan bisnisnya. Salah satu parameter keberhasilan yang mudah diukur dari kinerja bisnis adalah peningkatan penjualan. Untuk itu perlunya strategi khusus yang harus disiapkan untuk menjaga omzet tetap meroket.

Jika anda pelaku usaha pasti merasakan hambatan yang cukup besar di masa pandemi ini. Omzet menurun, ditinggal pelanggan setia hingga dipaksa untuk mengikuti perubahan yang cukup memberatkan.

Permasalahan diatas merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh hampir semua pengusaha di masa pandemi ini. Guna mencegah kerugian dan penjualan yang kurang efektif, di sini dibutuhkan sebuah strategi penjualan. Strategi penjualan ini pada dasarnya adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh pengusaha dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Sebelum masuk pada ranah strategi penjualan, ada kalanya untuk mengetahui permasalahan apa saja yang ada di internal dan external. Lalu, apa saja hambatan dari strategi penjualan dan bagaimana pula penerapan strategi penjualan yang efektif? Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Hambatan Dalam Penjualan

 

Setiap usaha tentu pernah mengalami masalah dalam hal penjualan. Pada dasarnya, kendala tersebut disebabkan karena beberapa hambatan di antaranya adalah memiliki pangsa pasar yang terlampau luas.

Memperluas target pasar dalam usaha Anda memang hal yang baik, namun jika pangsa pasar terlalu luas penjualan juga kurang efektif. Hal tersebut kerap kali terjadi ketika pengusaha menginginkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Akan tetapi, luasnya pangsa pasar justru membuat Anda kebingungan. Oleh sebab itu, prioritaskan pangsa pasar yang benar-benar menguntungkan dan susun rencana agar lebih fokus dan tepat sasaran.

Hambatan selanjutnya adalah mengenai harga. Setidaknya sampai saat ini masalah harga memang berpengaruh besar terhadap penjualan. Sebaiknya, dalam merancang strategi penjualan Anda pun lebih jeli melakukan survei harga.

Apabila harga produk yang ditawarkan dirasa cukup mahal dan tidak sesuai dengan keinginan konsumen, maka produk Anda pun tidak akan dilirik atau diinginkan pelanggan.

Semua hambatan pasti dapat diselesaikan, tergantung kepada bagaimana kita selaku pelaku usaha mau mencari tahu akar permasalahan penjualan kita dengan cermat

5 Tips dan Strategi Penjualan Usaha


Strategi penjualan haruslah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan bila perlu bisa direncanakan sebelum memulai usaha itu sendiri. Baik tidaknya strategi penjualan apakah efektif atau tidak untuk usaha Anda bisa dilihat pada tingkat penjualan.

Lalu, bagaimana menerapkan strategi penjualan yang efektif tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

1. Perhatikan kualitas produk

 

Kualitas produk adalah patut diperhatikan sebelum Anda memasarkannya kepada khalayak dan calon pelanggan. Anda perlu periksa dengan teliti mengenai kualitas produk jangan sampai ketika dipasarkan pelanggan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan keinginannya. Hal ini akan membuat pelanggan merasa kecewa.

Sebaiknya Anda harus jujur kepada pelanggan mengenai produk tersebut. Kejujuran ini jugalah yang menjadi kunci penting di strategi penjualan.

2. Pelayanan yang baik adalah kunci

 

Selain kejujuran, strategi penjualan Anda juga perlu menekankan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Di sini Anda harus melihat seorang pelanggan adalah raja, dan dari situlah Anda harus memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap pelanggan tersebut.

Hal utama yang paling ditekankan di sini adalah seperti komunikasi yang baik. Contohnya dengan menggunakan kata-kata yang sopan.

Begitu pula ketika pelanggan mengeluh mengenai produk yang mereka dapatkan. Anda harus meresponnya dengan cara yang baik dan sopan. Layanilah keluhan pelanggan dengan menjadi pendengar yang baik.

3. Promosi yang menarik

 

Ingat, untuk memasarkan produk Anda juga diperlukan adanya promosi menarik. Sehebat apapun strategi penjualan untuk usaha Anda jika tidak dibarengi dengan usaha yang maksimal, maka akan mengalami stagnan atau penjualan tidak akan berkembang.

Sebaliknya, bila promosi berjalan dengan baik meskipun produk yang Anda tawarkan biasa-biasa saja niscaya akan memberikan efek yang signifikan.

Promosi dikenal sebagai strategi penjualan yang mampu untuk meningkatkan awareness kepada produk atau brand Anda. Terlebih lagi bila brand tersebut masih baru. Beberapa promosi yang bisa Anda lakukan di sini adalah misalnya dengan memberikan potongan harga di saat tertentu.

4. Menggunakan platform digital

 

Di era dengan teknologi digital seperti sekarang, membuat para pengusaha untuk selalu beradaptasi dengan teknologi baru. Begitu juga dalam melakukan strategi penjualan yang efektif, Anda bisa menggunakan aplikasi tertentu.

Keberadaan aplikasi ini akan memudahkan bagi seorang pengusaha dalam melayani semua kebutuhan pelanggan termasuk kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran.

5. Perdalam strategi kompetitor

 

Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda pasti memiliki kompetitor atau pesaing. Sebenarnya, memiliki pesaing atau kompetitor merupakan hal baik dalam sebuah perusahaan.

Dengan demikian, Anda dapat semakin berkembang dan membuat perusahaan selangkah lebih maju. Maka, agar Anda tidak tertinggal oleh apa yang dicapai kompetitor sebaiknya sebagai seorang pengusaha ulung tidak ada salahnya memperdalam strategi yang diterapkan kompetitor.

Harapannya adalah dengan mempelajari strategi tersebut, Anda pun bisa mengetahui kelemahan apa yang dihadapi oleh kompetitor.

Setiap usaha pasti mengalami naik dan turun, namun yang membedakan kita dengan yang lainnya adalah bagaimana kita dapat menentukan strategi yang tepat untuk usaha kita dalam meningkatkan penjualan.

Related Articles