enterly.id

Tips & Trick

5 Hal Yang Mesti Diperhatikan Dalam Memelihara Ikan Koi di Rumah

Ikan koi menjadi hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara di rumah karena coraknya yang beragam. Sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ada beberapa hal yang penting diperhatikan berikut ini.

Share artikel ini melalui:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ikan koi menjadi hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara di rumah karena coraknya yang beragam. Ikan yang berasal dari Cina ini juga diyakini membawa keuntungan dan nasib baik.

Sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ada beberapa hal yang penting diperhatikan seperti dilansir dari laman Pet Helpful. Cek ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Penghasil Banyak Limbah

Ikan koi merupakan jenis hewan omnivora yang membuatnya banyak menghasilkan limbah di kolam. Volume air kolam yang besar mampu mengencerkan limbah sebelum menjadi racun.
Lengkapi pula kolam dengan filtrasi yang lebih baik, Perhatikan pula makanannya, ikan koi menyukai makanan yang beragam selain makanan ikan dari supermarket.

2. Pelihara Ikan Koi di Kolam

Ikan koi senang hidung bergerombol dan sangat cantik saat berenang. Ikan koi sebaiknya dipelihara di dalam kolam agar lebih leluasa berenang. 
Pertumbuhan ikan koi bisa dibilang sangat cepat mencapai 15 sentimeter saat berusia dua tahun. Sehingga kolam diperlukan sebagai tempat ikan koi dapat berenang bebas dan tidak stress.

3. Peralatan yang Dibutuhkan Beragam

Jika kamu memelihara ikan koi di daerah dingin, kolam koi memerlukan penghangat air kolam. Selain itu, kamu memerlukan peralatan sistem filtrasi dan drainase dasar kolam untuk mengatasi masalah penumpukan kotoran di dasar kolam dan air tetap jernih.

4. Waspadai Tategoi Palsu

Bagi para pecinta ikan koi, pastinya tidak lagi asing dengan istilah tategoi. Tategoi merupakan ikan koi muda yang berpotensi bagus, seperti kulit dengan corak tubuh yang kuat dan tanpa cacat.

Karena memiliki kualitas bagus dan harga mahal, banyak oknum tak bertanggung jawab. Oleh karena itu kamu perlu berdiskusi dengan orang yang lebih mengerti ikan koi dan membelinya dari peternak yang terpercaya.

5. Pertimbangkan Waktu, Tenaga, dan Biaya

Hewan peliharaan di rumah satu ini dapat menguras waktu dibanding ikan lainnya dalam memeliharanya. Apalagi buat kamu penggemar koi yang mengembangbiakkan ikan koi dalam kolam yang rumit.

Dengan begitu, kamu perlu mempertimbangkan waktu, tenaga, dan biaya sebelum memelihara ikan koi. Meskipun hanya menjadikan kolam ikan koi sebagai dekorasi rumah, kamu perlu memastikan drainase kolam lancar dan pakan ikan setiap hari.

Demikian 5 tips memelihara ikan koi sebagai hewan peliharaan di rumah.

Related Articles