enterly.id

Entrepreneur Clinic

Ingin memulai usaha? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengurus izin usaha

Izin sangatlah penting bagi dunia usaha. Izin Usaha tersebut digunakan oleh Pelaku Usaha sebagai tanda bahwa usaha tersebut layak berdiri dan beroperasi.

Share artikel ini melalui:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Untuk memulai usaha tidak hanya menyiapkan modal dan sumber daya manusia (SDM) saja, namun para pelaku usaha juga diharuskan mengerti dan memahami bagaimana mengurus izin usaha. Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan usaha kita dari segi kelegalan serta sebagai salah satu hal penting juga dalam mengembangkan usaha kita ke ranah yang lebih luas lagi.

Fungsi perizinan disini adalah untuk membina, mengarahkan, mengawasi juga menertibkan kegiatan-kegiatan tertentu, maka kewajiban untuk menjaga kualitas produk telah dimasukkan ke dalam suatu prosedur perizinan, baik dalam proses pengajuan permohonan hingga pelaksanaan setelah para pelaku usaha memperoleh izin.

Dilansir dari halaman resmi Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, ada berbagai jenis dokumen perizinan usaha di Indonesia diantaranya:

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Ini adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak yang bisa digunakan sebagai sarana melakukan administrasi perpajakan. NPWP digunakan sebagai identitas diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, baik secara pribadi maupun atas nama usaha.

Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB adalah identitas pelaku usaha, apapun bentuk perusahaannya baik usaha perorangan, badan usaha, maupun badan hukum. NIB diterbitkan oleh Lembaga OSS setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran. NIB ini juga berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan Akses Kepabeanan.

Izin Usaha

Izin usaha diberikan atau diterbitkan setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran untuk memulai usaha dan/atau kegiatan, sampai sebelum pelaksanaan komersial atau operasional dengan memenuhi persyaratan dan/atau komitmen.

Izin lokasi

Izin yang satu ini diberikan kepada pelaku usaha  untuk memperoleh tanah yang diperlukan untuk usaha dan kegiatannya. Berupa pula izin untuk pemindahan hak, dan selanjutnya izin menggunakan tanah untuk usaha dan kegiatannya.

Perizinan diatas merupakan hal-hal yang perlu dipersiapkan bagi para pelaku usaha yang ingin membuka usaha kecil atau menengah. Dengan adanya perizinan tersebut kita tidak perlu khawatir terhadap hal-hal yang berhubungan dengan perizinan tersebut, kita hanya perlu fokus dalam mengembangkan usaha kita.

Related Articles